Program Pengabdian kepada Masyarakat, Mahasiswa S3 FKUI Berikan Penyuluhan Olahraga

Kegiatan olahraga kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan besar seperti Jakarta. Masyarakat berolahraga untuk meningkatkan dan mempertahankan tingkat kesehatan dan kebugaran diri. Selain itu, banyak pula masyarakat yang berolahraga sebagai bagian dari hobi ataupun bisnis. Namun ada juga mereka yang melakukan kegiatan olahraga dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi keolahragaan di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

Seiring dengan meningkatnya animo masyarakat terhadap kegiatan olahraga, maka angka kejadian cedera olahraga pun semakin meningkat. Berbagai macam faktor dapat menjadi penyebab timbulnya cedera olahraga, baik itu yang berhubungan langsung dengan latihan yang dilakukan maupun faktor lingkungan sekitar yang berhubungan dengan kegiatan olahraga tersebut. Tidak jarang juga, cedera olahraga diakibatkan oleh kondisi kesehatan atlit itu sendiri.

Latar belakang itulah yang membuat para mahasiswa Program S3 Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang berkolaborasi dengan para mahasiswa Program S3 Fakultas Ilmu Keperawatan UI  menyelenggarakan program pengabdian masyarakat berupa penyuluhan tentang pencegahan dan penanganan cedera pada olahraga. Penyuluhan ini juga diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan prestasi para atlit di Indonesia melalui perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran.

Kegiatan penyuluhan diselenggarakan pada Sabtu, 12 Agustus 2017 di Paradise Convention Hall, Rumah Sakit Royal Progress, Jakarta, dengan mengangkat tema “Olahraga: Sehat dan Prestasi”.

Peserta penyuluhan yang sebagian besar berprofesi sebagai atlit dan pengurus manajemen klub yang menaungi atlit, diberikan banyak sekali pengetahuan dari pada pembicara, yaitu materi “Berprestasi Kembali Setelah Mengalami Cedera Lutut” oleh dr. Bobby N. Nelwan, Sp.OT; “Mengatasi Cedera Tulang Belakang Saat Berolahraga” oleh dr. Phedy, Sp.OT (K); “Mengatasi Nyeri Kaki Saat Berolahraga” oleh dr. Dimas Radithya Boedijono, Sp.OT(K); ”Olah Raga ,Tampil Cantik Dan Sehat” oleh dr. Hernayati Maranata Hutabarat, Sp.KK: “Mencegah Serangan Asma Pada Anak Saat Berolahraga” oleh dr. Lisa Adhia Garina, M.Si.Med., Sp.A; “Menstruasi Saat Berolahraga” oleh dr. Batara Imanuel Sirait, Sp.OG(K); “Mencegah Kelelahan Yang Berlebihan Saat Berolahraga” oleh dr. Ike Rahmawaty A, M.Kes; Dan “Olah Raga Pada Usia Lanjut” oleh dr. Noto Dwimartutie, Sp.PD-KGer.

Selain pendidikan dan penelitian, program pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu bentuk dari peran perguruan tinggi untuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Kemampuan Perguruan Tinggi untuk menggali dan mengembangkan ilmu kesehatan, dapat dipergunakan untuk menemukan solusi permasalahan aktual di masyarakat. (Humas FKUI)