Pakar Gizi Anuraj H. Shankar Berikan Kuliah Tamu di FKUI

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui Program Magister dan Doktor Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM menyelenggarakan kuliah tamu pada Kamis (28/9) lalu, bertempat di Ruang Auditorium Lt.3, IMERI-FKUI, Kampus UI Salemba. Kuliah tamu kali ini mengundang seorang pakar dari Department of Nutrition, Harvard University, Amerika Serikat, Anuraj H. Shankar, PhD dengan tema “Nutrition and Immunology”.

Kuliah tamu dibuka dengan sambutan dari Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, SpGK(K) dan dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Program Sarjana, Profesi Dokter, Magister dan Doktor FKUI, dr. Ardi FIndyartini, Ph.D.

Moderator kuliah tamu, Prof. dr. Endang L. Achadi, MPH, PhD memulai sesi pertama kuliah tamu dengan mempersilakan Anuraj H. Shankar, PhD memaparkan materi kuliahnya yang berjudul “Role of Maternal Nutrition in Child Immunity and Cognitive Development”. Dilanjutkan dengan sesi kedua dari Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K) dengan judul “Maternal Nutritional Status Impact on Maternal Health, Fetal Health, and Birth Outcomes”. Terakhir, pemaparan materi kuliah dari dr. Rina Agustina, M.Sc, PhD dengan judul “Maternal Diet, Gut Microbiota and Health Outcomes”.

Imunitas atau kekebalan tubuh merupakan elemen penting bagi tubuh. Respons imun menjalankan tiga fungsi yaitu pertahanan, homeostasis dan pengawasan. Peran imunitas yang luas menuntut perkembangan pengetahuan ilmu gizi terutama sebagai upaya preventif dan kuratif sedini mungkin. Nutrisi merupakan faktor penting bagi imunitas. Kekurangan nutrisi dapat merusak mekanisme pertahanan tubuh. Jika kekurangan nutrisi terjadi di usia muda, berpotensi mengakibatkan kegagalan perkembangan respons imun terutama respons imun seluler. Asupan makanan berperan langsung memperbaiki imunitas tubuh, khususnya melalui zat gizi spesifik penunjang sistem imun.

Rangkaian kuliah tamu kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. Melalui kuliah tamu ini, kompetensi pembicara dan materi yang baik diharapkan dapat memfasilitasi para peserta untuk berbagi ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, kuliah tamu ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk pengambangan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang ilmu gizi. (Humas FKUI)