Mahasiswa FKUI Toreh Prestasi dalam Ajang SIMPIC 2016

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) berhasil meraih prestasi dengan memenangi tiga penghargaan pada ajang Siriraj International Medical Microbiology Parasitology and Immunology Competition (SIMPIC) 2016 yang diadakan oleh Faculty of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University, Thailand pada tanggal 18-21 Maret 2016 lalu.

Dalam kompetisi tersebut, FKUI mengirimkan delegasi yang terbagi menjadi dua tim. Tim UI-1 terdiri dari Lee Thung Sen (KKI 2013), Raditya Dewangga (Reguler 2013), Adrian Reynaldo Sudirman (Reguler 2013) dan Stefanus Imanuel S (Reguler 2013). Sementara itu tim UI-2 beranggotakan Dedy Aria Aditia (Reguler 2013), Herlien Widjaja (Reguler 2013), Hiradipta Ardining (Reguler 2013), dan Dela Ulfiarakhma (Reguler 2013). Mereka semua berkompetisi dengan lebih dari 50 tim peserta dari berbagai universitas di kawasan Asia.

SIMPIC merupakan ajang kompetisi internasional yang diselenggarakan setiap tahun dan mempertemukan mahasiswa-mahasiswa kedokteran untuk berkompetisi dalam bidang mikrobiologi, parasitologi dan imunologi klinik. SIMPIC diselenggarakan dengan tujuan agar para peserta dapat bertukar pengetahuan dan minat, menjalin relasi, serta berbagi inspirasi.

Tahapan lomba di SIMPIC 2016 terdiri dari Round 1 (MCQ & OSPE), Revival Round (pertanyaan benar atau salah, bagi tim yang sudah kalah dan ditandingkan kembali), Round 2 (pertanyaan dengan jawaban singkat), Semifinal (pertanyaan rebutan), dan Final (pertanyaan rebutan). Materi pertanyaan yang diajukan mencakup bidang mikrobiologi, parasitologi, dan imunologi klinik.

Sangat membanggakan, karena pada akhir kompetisi tim UI-1 berhasil meraih prestasi sebagai 2nd-runner up dan dua orang mahasiswa FKUI berhasil meraih personal achievement, yaitu medali perak atas nama Dedy Aria Aditia dan medali perunggu atas nama Raditya Dewangga.

Prestasi yang diraih tentunya tak lepas dari kerja keras para pembimbing yang mendampingi mereka selama persiapan maupun saat berkompetisi, yaitu Prof. Dr. Agnes Kurniawan, PhD, SpPark; Dr. Yenny Djuardy, PhD; dr. Anis Karuniawati, SpMK(K), PhD; Dr. Mardiastuti HW, MSc, SpMK(K); Dra. Beti Ernawati Dewi, PhD; dan Dr. dr. Yeva Rosana, MS, SpMK(K).

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi sivitas akademika FKUI untuk mencetak prestasi-prestasi lainnya dan tetap semangat untuk menciptakan karya-karya inovatif dan kreatif yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan kedokteran maupun peningkatan taraf kesehatan masyarakat di Indonesia. Maju terus FKUI! (Humas FKUI)