Mahasiswa FKUI Gelar Kegiatan Bakti Sosial

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, sejumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa Tim Bantuan Medis Badan Eksekutif Mahasiswa Ikatan Keluarga Mahasiswa (TBM BEM IKM) FKUI mengadakan kegiatan bakti sosial yang bertajuk “Berbagi Bersama TBM”.

Kegiatan yang terdiri dari seminar awam, pengobatan massal dan skrining kesehatan ini diselenggarakan pada hari Minggu (18/3) di lingkungan Rukun Warga (RW) 07, Kelurahan Johar Baru, Tanah Tinggi, Jakarta Pusat.

DSCF6465

Ditemui di sela-sela kegiatan, perwakilan mahasiswa FKUI, Muhammad Luthfi Prasetyo, S.Ked, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diadakan. “Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan berdampak baik tidak hanya bagi masyarakat yang terlayani, tetapi juga bagi kami para mahasiswa dalam mengamalkan ilmu yang kami dapat di kampus.” Ujar Luthfi kepada Humas FKUI.

Antusiasme warga untuk mengikuti kegiatan ini sudah tampak sejak pagi hari. Warga dengan sabar mengantri untuk mendaftarkan diri di loket pendaftaran. Setelah mendaftar, warga dipersilakan untuk melakukan skrining berupa pengukuran tekanan darah, berat badan, tinggi badan, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan.

DSCF6601

Diantara waktu menunggu antrian, warga dapat mengikuti seminar awam dengan materi tentang berbagai macam penyakit yang umum di masyarakat, serta cara pencegahan dan pengobatannya.

“Upaya edukasi kepada masyarakat melalui seminar awam yang diberikan sangat penting untuk dilakukan. Upaya ini untuk menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Pola hidup bersih dan sehat pada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan,” tutup Luthfi. (Humas FKUI)