Kunjungan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universiti Teknologi MARA

Untitled-1 copy

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menerima kunjungan delegasi dari Fakultas Kedokteran Universiti Teknologi MARA (UiTM), Malaysia, pada Sabtu dan Minggu (23-24/5) bertempat di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Kampus UI Depok. Didampingi oleh 2 orang dosen, 10 orang mahasiswa FK UiTM yang tergabung dalam Medical Student Association (MESTA) berkunjung ke FKUI dengan tujuan untuk bertukar ide professional dan membina hubungan organisasi antara badan kemahasiswaan di FK UiTM dengan badan kemahasiswaan di FKUI.

Kedatangan delegasi UiTM disambut oleh Koordinator Program Pendidikan S1 FKUI dr. Fernandi Moegni, SpOG(K) beserta sejumlah mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Ikatan Keluarga Mahasiswa (BEM IKM) FKUI. Dalam sambutannya, dr. Fernandi mengungkapkan rasa senang dapat menerima kunjungan delegasi UiTM ke FKUI. Beliau juga berbagi cerita seputar seluk beluk sistem pendidikan serta proses belajar mengajar di FKUI kepada para mahasiswa dan dosen UiTM tersebut. Selanjutnya, giliran mahasiswa FKUI yang diwakili oleh Wakil Ketua BEM IKM FKUI, Ni Gusti Made, melakukan presentasi seputar kegiatan organisasi atau badan kemahasiswaan yang ada di FKUI. Dengan lugas Made memberikan gambaran nyata bagaimana seorang mahasiswa kedokteran yang kerap dijuluki book worm dapat sangat aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan di badan-badan kemahasiswaan.

Setelah perkenalan singkat tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi per bidang (kelompok) yang dibagi menjadi 5 bidang meliputi bidang kesekretariatan, perbendaharaan, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia; bidang kemahasiswaan; bidang komunikasi dan informasi; bidang sosial politik; serta bidang minat dan bakat. Semangat untuk belajar dan berbagi membuat diskusi setiap bidang berlangsung menarik, para peserta diskusi sangat antusias dalam bertanya dan berbagi informasi juga pengetahuan seputar keorganisasian yang mereka miliki.

Pada hari kedua kunjungan delegasi FK UiTM diisi dengan pengenalan seputar Rumpun Ilmu Kesehatan UI meliputi fasilitas, profil fakultas-fakultas yang tergabung dalam RIK UI, hingga pengenalan tentang modul kolaborasi yang dijalankan di RIK UI. Selain presentasi dari FKUI yang dilakukan oleh Biro Hubungan Eksternal BEM IKM FKUI, Kristi Levania, turut hadir dan mempresentasikan pula perwakilan dari mahasiswa fakultas-fakultas yang tergabung dalam Rumpun Ilmu Kesehatan UI yaitu Fakultas Kedokteran Gigi UI, Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Fakultas Ilmu Keperawatan UI dan Fakultas Farmasi UI

Kunjungan selama 2 hari delegasi FK UiTM ditutup dengan tur intra kampus dan pertukaran cenderamata serta berfoto bersama. Melalui kunjungan ini diharapkan mahasiswa FK UiTM dan FKUI dapat saling berbagi pengetahuan serta mempererat hubungan pertemanan yang tentunya akan mendatangkan banyak manfaat bagi mahasiswa FK UiTM maupun FKUI.

(Kontributor: Bagus Radityo Amien/Die)