Kuliah Tamu Prof. Tony Worsley

Untitled-1 copyFakultas Kedokteran Universitas Indonesia melalui Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI yang bekerja sama dengan Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Center for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON) dan Continuning Medical Education-Continuing Professional Development (CME-CPD) FKUI menyelenggarakan kuliah tamu pada Rabu (30/9) lalu, bertempat di Ruang Azrul Azwar, Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, Jakarta. Kuliah tamu kali ini mengundang Prof. Tony Worsley, seorang pakar gizi dari School of Exercise and Nutrition Sciences, Deakin University, Australia, yang berbagi pengetahuan serta pengalamannya mengenai program promosi kesehatan, khususnya promosi gizi dan gaya hidup pada warga Negara Australia dalam kuliah dengan tema “Nutrition and Physical Activity – lessons from Australia”.

Kuliah tamu dibuka dengan sambutan dari Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, Dr. dr. Herqutanto, MPH, MARS. Selanjutnya, Dr. dr. Aria Kekalih, MTI, selaku moderator memperkenalkan dan mempersilahkan pembicara untuk menyampaikan materi kuliahnya.

Dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, Australia telah berhasil mengembangkan berbagai program promosi kesehatan untuk warganya. Program promosi kesehatan utama yang telah dilakukan Australia yaitu mencakup penurunan angka perokok dan konsumsi pangan yang memiliki kadar lemak jenuh tinggi. Salah satu bukti dari keberhasilan program ini dapat dilihat dari menurunnya angka kematian akibat penyakit kardiovaskuler di Australia.

Dalam presentasinya, Prof. Tony Worsley bercerita bahwa gaya hidup sehat dan aktif dapat diwujudkan dengan menumbuhkan perilaku masyarakat yang dapat memilih pola makan yang sehat. Masyarakat dengan kondisi kesehatan yang baik atau buruk, dapat mulai dibiasakan untuk memilih makanan yang terbaik sebagai upaya menjaga kondisi kesehatan. Aspek lain yang juga harus diperhatikan adalah aktifitas fisik dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat perlu dimotivasi dan diarahkan menuju aktifitas hidup sehari-hari yang non sedentary, yaitu dapat menjaga fungsi jantung, fungsi pernafasan dan fungsi otot agar tetap prima.

Sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, FKUI tentunya turut mengambil peran serta tanggung jawab dalam berbagai upaya meningkatkan pengembangan pengetahuan dalam bidang kesehatan. Pengembangan pengetahuan dan ilmu baru ini menjadi penting untuk dibagikan baik bagi pendidik, peneliti, mahasiswa FKUI, dan masyarakat pada umumnya. Melalui kuliah tamu yang diselenggarakan, diharapkan dapat menjadi sarana pertukaran ilmu pengetahuan, terutama bagi pengembangan promosi kesehatan di Indonesia dan pemahaman mengenai pentingnya asupan nutrisi dan aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari. (Mel/Dan/Die)