Kuliah Tamu: Dampak Asam Lemak Omega-3 terhadap Penyakit Kardiovaskuler

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 Program Studi Ilmu Gizi Klinik, menyelenggarakan kuliah tamu pada Jumat (8/9) lalu, bertempat di Multi Purpose Room, SEAMEO-RECFON, Kampus UI Salemba. Kuliah tamu kali ini mengangkat tema “The Role of Omega-3 Fatty Acids in Human Health” dengan menghadirkan Petter-Arnt Hals, PhD, seorang pakar dari Aker BioMarine, Norwegia dan Prof. Ahmed El-Sohemy, PhD dari Department of Nutritional Sciences, University of Toronto, Kanada.

Kuliah tamu dibuka dengan sambutan dari Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK(K). Selanjutnya dr. Widjaja Lukito, PhD, SpGK(K) selaku moderator, mempersilakan para pembicara untuk memaparkan materi mereka. Sesi pertama kuliah tamu dimulai dengan pemaparan dari Petter-Arnt Hals, PhD dengan judul “The Effects of Omega-3 Fatty Acids on Cardiovascular Disease Risk Factors”. Dilanjutkan dengan sesi kedua oleh Prof. Ahmed El-Sohemy, PhD dengan pemaparannya berjudul “Nutrigenomics and Nutrigenetics of Omega-3 Fatty Acids”.

Indonesia memiliki prevalensi penyakit kardiovaskular yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penyakit kardiovaskular memiliki angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi sehingga harus dicegah dan ditanggulangi dengan baik. Faktor risiko utama penyakit kardiovaskular diperoleh dari gaya hidup, terutama pola makan sehari-hari. Di antara berbagai zat gizi, asam lemak omega-3 diketahui dapat memodifikasi faktor risiko penyakit kardiovaskular. Meskipun demikian, respons tiap orang terhadap konsumsi asam lemak omega-3 dapat bervariasi. Sebagian orang mendapatkan manfaat dari konsumsi asam lemak omega-3, sementara yang lain tidak. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh variasi individual di tingkat gen yang berperan dalam pembentukan enzim yang memetabolisme asam lemak omega-3. Oleh karena itu, memahami nutrigenomik dan nutrigenetik asam lemak omega-3 menjadi penting untuk mengetahui peran asam lemak omega-3 dalam pencegahan atau penatalaksanaan penyakit kardiovaskular.

Rangkaian kuliah tamu kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. Kuliah tamu tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan terutama bagi peserta didik Pendidikan Dokter Spesialis-1 Program Studi Ilmu Gizi Klinik FKUI-RSCM, sehingga mampu berdampak baik bagi upaya peningkatan status gizi masyarakat Indonesia. (Humas FKUI)