Ivo N. Sahbandar, MD, PhD Berikan Kuliah Tamu di FKUI

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia melalui Program Doktor Ilmu Kedokteran FKUI menyelenggarakan kuliah tamu pada Jumat (25/8) lalu, bertempat di Aula Gedung IMERI-FKUI, Kampus FKUI Salemba, Jakarta. Kuliah tamu kali ini mengundang seorang pakar dari Department of Tropical Medicine, University of Hawai, Manoa, Amerika Serikat, Ivo N. Sahbandar, MD, PhD.

Tepat pukul 13.30 WIB kuliah tamu dibuka dengan sambutan pembukaan dari Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FKUI, Prof. dr. Pratiwi P. Sudarmono, PhD, SpMK(K) dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FKUI, Dr. dr. Suhendro, SpPD-KPTI. Berikutnya adalah penyampaian materi dari pembicara utama yaitu Ivo N. Sahbandar, MD, PhD dengan judul “From Clinical to Basic Science Research: A Full Circle Back to Basic Clinical Application”.

Dalam pemaparannya, Ivo menekankan pentingnya kolaborasi dalam sebuah penelitian. Penelitian, baik berbasis klinis maupun ilmu pengetahuan dasar (basic science), hendaknya bertujuan pada pemanfaatannya bagi masyarakat. Untuk itu, diperlukan kerjasama yang baik antara akademisi atau ilmuwan, badan pemerintah (sebagai regulator), dan industri. Dengan kolaborasi tiga serangkai ABG (academic, business and government), tujuan penelitian dapat lebih cepat tercapai, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ivo N. Sahbandar, MD, PhD, adalah alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang saat ini berkarier sebagai Adjunct Instructure Genetic Research Scientist Hawaii Center for AIDS di John A. Burns School of Medicine, University of Hawaii at Manoa. Ia menyelesaikan program profesi dokternya di FKUI pada tahun 2000 dan lulus dari pendidikan program spesialis Ilmu Penyakit Dalam di FKUI pada tahun 2006. Tidak menunggu lama, dokter kelahiran Sukabumi, 2 November 1976 ini menyelesaikan pendidikan PhD-nya di Iwate Medical University, Jepang, dalam bidang Virology pada tahun 2009.

Rangkaian kuliah tamu kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. Sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, FKUI tentunya turut mengambil peran serta tanggung jawab dalam berbagai upaya meningkatkan pengembangan pengetahuan di bidang kesehatan. Pengembangan pengetahuan dan ilmu baru ini menjadi penting untuk dibagikan baik bagi pendidik, peneliti mau pun mahasiswa FKUI. Melalui kuliah tamu ini diharapkan dapat menjadi sarana pertukaran ilmu pengetahuan serta inspirasi bagi sivitas akademika FKUI. (Humas FKUI)