Hans-Jurgen Magert Beri Kuliah Penulisan Proposal dan Publikasi Internasional

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia melalui Program Magister Ilmu Biomedik FKUI menyelenggarakan kuliah tamu pada Senin (10/3) lalu bertempat di Ruang Senat Akademik Fakultas, FKUI Salemba, Jakarta. Kuliah tamu tersebut mengambil tema Academic Writing Seminar Proposal and Publication dan menghadirkan Prof. Dr. Hans-Jurgen Magert dari Hochschule Anhalt, Jerman sebagai pembicara tunggal.

Dalam materi kuliah yang disampaikan, Prof. Hans-Jurgen Magert yang juga merupakan Adjunct Professor FKUI ini berbagai ilmu dan pengetahuan tentang penulisan proposal dan publikasi internasional. Beliau memberikan kiat-kiat penulisan karya tulis ilmiah, manfaat tentang artikel ilmiah dan jurnal internasional, cara untuk menghindari jurnal predator dan mekanisme penulisan artikel ilmiah serta submisi ke jurnal internasional dilihat dari sudut pandang peneliti.

Sementara itu, Dr. rer. physiol. dr. Septelia Inawati Wanandi, Ketua Program Magister Ilmu Biomedik FKUI dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar sehari ini diadakan dengan tujuan untuk meningatkan kemampuan para dosen dan mahasiswa untuk dapat mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah yang bermutu dan bertaraf internasional serta mendorong dosen dan mahasiswa agar semakin percaya diri untuk menulis artikel dan memasukkannya kedalam jurnal ilmiah internasional.

Melalui kuliah tamu ini, kompetensi pembicara dan materi yang baik diharapkan dapat memfasilitasi para peserta untuk berbagi ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, kuliah tamu ini diharapkan juga dapat menjadi sarana untuk pengembangan pendidikan dan penelitian khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan biomedik di Indonesia. (Humas FKUI)