FKUI Ukir Prestasi di Medical Djogja Scientific Competition 2019

Prestasi kembali dipersembahkan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Kali ini, tim dari FKUI berhasil berjaya di ajang Medical Djogja Scientific Competition (MEDJONSON) 2019 yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada tanggal 26-28 April 2019 yang lalu.

Medical Djogja Scientific Competition (MEDJONSON) merupakan salah satu kompetisi ilmiah tingkat nasional yang ditujukan bagi mahasiswa kesehatan seluruh Indonesia. Melalui MEDJONSON, mahasiswa kedokteran dan ilmu kesehatan dari seluruh Indonesia berkesempatan untuk berkumpul, bertukar pikiran serta berkompetisi.

Tak hanya sebagai ajang mengembangkan wawasan, MEDJONSON juga memfasilitasi berbagai diskusi khususnya dalam bidang kedokteran dan kesehatan dengan fokus pencegahan, pengobatan serta pemulihannya di Indonesia.

Kompetisi tersebut terdiri dari cabang poster publik, literature review, video edukasi, dan esai ilmiah. Pada pagelaran tahun ini, MEDJONSON mengangkat tema mengenai kesehatan anak yaitu “Pediatric Disease: Better Stage of Health Starts from Pediatric Care.

Tim mahasiswa FKUI tampil gemilang dengan meraih 2 penghargaan pada cabang Literature Review, yaitu sebagai Juara 1 atas nama Ariel Valentino (mahasiswa FKUI angkatan 2016), Ko Abel Ardana (FKUI 2016), dan Christine Lieana (FKUI 2016) dengan judul review “Evaluasi Faktor Risiko Diet Terasosiasi Obesitas pada Anak di Asia: Sebuah Studi Kajian Sistematis.

Dan sebagai Juara 2 atas nama Afid Brilliana Putra (FKUI 2016), M. Ilham Dhiya R. (FKUI 2016), dan Ihya Fakhrurizal A (FKUI 2016) dengan judul review “Kombinasi Tetrahidrokurkumin dan Cyanidine-3-O-glucoside sebagai  Terapi Fitokimia Alternatif Atasi Asma pada Anak melalui Hambatan Jalur Inflamasi IL-4R-STAT6 dan Sitokin Proinflamasi.

Selain meraih juara pada cabang Literature Review, tim mahasiswa FKUI juga meraih beberapa prestasi lain yaitu sebagai Peringkat 4 Poster Publik atas nama Nurul Mutmaina (FKUI 2016), Devi Elora (FKUI 2016), dan Balqis Deyan (FKUI 2016) dengan judul poster “Ayo Cegah Stunting dengan ASUPAN yang baik”;

Peringkat 4 Esai Ilmiah atas nama Rayhan Farandy (FKUI 2016) dan Iskandar Purba Geraldi (FKUI 2016) dengan judul esai ”Potensi LOX-1 sebagai Penanda Biologis Terkini dalam Mendiagnosis Tingkat Keparahan dari Neonatal Hypoxic Ischemic Encephalopathy”;

serta Peringkat 5 Esai Ilmiah atas nama Endang Farihatul (FKUI 2016) dan Amirah Yasmin (FKUI 2016) dengan judul esai ”Inovasi LSD 1 Inhibitor Terenkapsulasi Nanopartikel Kitosan Intranasal sebagai Terapi Target Efektif Medulloblastoma Grup 3 Anak.”

Selamat kepada tim mahasiswa FKUI atas raihan prestasinya. Semoga dapat menginspirasi sivitas akademika FKUI lainnya untuk selalu semangat dalam menjalankan pendidikan dan meraih prestasi gemilang. Maju terus FKUI!

(Humas FKUI)