FKUI Selenggarakan Kegiatan Donor Darah

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan kegiatan donor darah pada Jumat (9/6) di Auditorium Lantai 3 Gedung IMERI-FKUI, Salemba. Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat FKUI sebagai wujud pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hingga saat ini, PMI masih terus berusaha mencukupi kebutuhan kantung darah guna memenuhi kebutuhan tranfusi darah di Indonesia. Pada bulan Ramadan, ketersediaan kantung darah lebih sedikit jika dibandingkan dengan bulan lainnya. Kondisi ini disebabkan berkurangnya jumlah pendonor saat bulan Ramadan. Oleh karena itu, FKUI berupaya untuk membantu PMI dalam mencukupi kebutuhan pasokan darah selama bulan Ramadan.

Kegiatan donor darah tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika FKUI, namun juga terbuka untuk masyarakat umum. Rangkaian kegiatan diawali dengan sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Manajer Kerjasama, Ventura, dan Hubungan Alumni FKUI dr. Andi Darma Putra, SpOG(K) dan dilanjutkan dengan pemaparan materi singkat mengenai “Kenapa Kita Perlu Donor Darah” yang disampaikan oleh dr. Azizah Fajar Priarti dan dr. Erik Noverdian Suryadi; serta paparan materi “Mitos dan Fakta Donor Darah” oleh Blood for Life Community Indonesia. (Humas FKUI)