FKUI Juara Umum RMO 2018

Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) kembali mengharumkan nama almamater setelah berhasil menjadi Juara Umum pada ajang Regional Medical Olympiad (RMO) 2018 yang diselenggarakan tanggal 1-3 Agustus 2018 lalu di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta.

Kepastian FKUI menjadi Juara Umum dan berhak membawa pulang piala bergilir juara umum RMO ISMKI Wilayah 2 tahun 2018, didapat setelah tim mahasiswa FKUI berhasil menjadi Juara 1 pada tiga cabang kategori dari enam kategori ilmiah yang dilombakan.

Ketiga prestasi tersebut adalah Juara 1 di Cabang Digestif atas nama Fadhilah Harmen (Mahasiswa FKUI angkatan 2015) dan Harits Adi Putra (FKUI 2015); Juara 1 di Cabang Infeksi Tropis atas nama Hanin (FKUI 2015) dan Kristian Kurniawan (FKUI 2015); serta sebagai Juara 1 di Cabang Kardiorespirasi atas nama Brian Mendel (FKUI 2015) dan Andrea Laurentius (FKUI 2016).

Pada cabang lainnya, tim mahasiswa FKUI yang mengikuti kompetisi adalah Antoniella Debora Shalomi (FKUI 2015) dan Missy Savira (FKUI 2015) pada cabang Urogenital; Filbert Kurnia Liwang (FKUI 2015) dan Stella Chrisantha Yogawisesa (FKUI 2015) pada cabang Neuropsikiatri; serta Elvira Lesmana (FKUI 2015) dan Valdi Ven Japranata (FKUI 2015) pada cabang Muskuloskeletal.

RMO merupakan olimpiade kedokteran tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) wilayah 2, yang meliputi Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat, untuk adu keterampilan, kecakapan, dan wawasan mengenai cabang-cabang yang dilombakan.

RMO adalah program olimpiade berjenjang yang dipersiapkan untuk menuju tingkatan selanjutnya, yaitu International Indonesia Medical Olympiad.

Perjuangan tim mahasiswa FKUI hingga bisa sampai ke babak final RMO 2018 bukanlah perjuangan yang mudah. Mereka harus melalui 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final.

Babak penyisihan terdiri dari ujian Multiple Choice Question (MCQ) yang meliputi bidang anatomi, histologi, patologi anatomi, patologi klinis, mikrobiologi, dan parasitologi. Pada babak penyisihan, lima delegasi FKUI berhasil lolos menuju babak berikutnya.

Babak berikutnya yaitu babak semifinal. Babak semifinal terdiri atas ujian Objective Structural Clinical Examination (OSCE) yang menilai kemampuan anamnesis, pemeriksaan fisik hingga tatalaksana dan penulisan resep. Pada babak ini, tiga delegasi FKUI berhasil lolos masuk ke babak final.

Babak terakhir yaitu babak final terdiri dari Student Oral Case Analysis (SOCA) dan cepat tepat. Peserta dengan nilai tertinggi akan keluar sebagai pemenang. Menjadi kebanggaan, tiga delegasi FKUI yang berhasil lolos ke babak final, seluruhnya berhasil meraih juara pertama yang sekaligus menobatkan FKUI sebagai juara umum RMO tahun ini.

Pencapaian maksimal ini tentunya tidak lepas dari kerja keras mereka. Berbagai pembinaan dan persiapan materi mereka jalani di bawah bimbingan dr. Imelda Rosalyn Sianipar, M.Biomed, PhD, staf pengajar dari Departemen Fisiologi Kedokteran FKUI, dan para koordinator pembimbing di tiap cabang yaitu dr. Saut Horas H. Nababan, SpPD (cabang Digestif); Dr. dr. Yeva Rosana, MS, SpMK(K) (cabang Infeksi Tropis); dr. Ponco Birowo, SpU(K), PhD (cabang Urogenital); Dr. dr. Achmad Fauzi Kamal, SpOT(K) (cabang Muskuloskeletal); Dr. dr. Al Rasyid, SpS(K) dan dr. Petrin Redayani, SpKJ(K), MPdKed (cabang Neuropsikiatri); serta dr. Radityo Prakoso, SpJP(K) (cabang Kardiorespirasi).

Selamat atas prestasi yang diraih, semoga dapat menjadi motivasi bagi sivitas akademika FKUI lainnya untuk terus mengukir prestasi. Maju terus FKUI!

(Humas FKUI)