FKUI Juara Umum Medsmotion 2018

Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) berjaya di ajang Medical Sebelas Maret Scientific Competition (Medsmotion) 2018 setelah berhasil menyabet lima penghargaaan dan sekaligus membawa FKUI keluar sebagai Juara Umum.

Pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta, tanggal 9-11 November 2018 tersebut, tim mahasiswa FKUI berprestasi sebagai Juara 1 pada kategori Poster Ilmiah atas nama Muhammad Habiburrahman (Mahasiswa FKUI angkatan 2015) dan Afid Brilliana Putra (2016); Juara 3 Poster Ilmiah atas nama Amalia Irsha (2015), Nurita Adha Dianti (2015), dan Ghafur Rasyid Arifin (2015); dan Juara 1 Literature Review atas nama Ariel Valentino (2016) dan Davin Nathan Wijaya (2017).

medmotion 2

Selain itu, prestasi lain yang berhasil diraih tim mahasiswa FKUI adalah sebagai Juara 2 Literature Review atas nama Muhammad Habiburrahman, Afid Brilliana Putra, dan M. Ilham Dhiya Rakasiwi (2016) dan sebagai Juara 3 Esai Ilmiah atas nama Teresia Putri Widia Nugraheni (2015).

Raihan prestasi ini dilengkapi oleh tim mahasiswa FKUI yang berhasil menjadi finalis cabang Poster Ilmiah atas nama Edward Christopher Yo (2017), Muhammad Alfian Remifta Putra (2017), dan Jason Phowira (2017); cabang Literature Review atas nama Bany Faris Amin (2015), Brian Mendel (2015), dan Muhammad Rizqy Fadhillah (2015); dan Nindya Permata Bunda Surya Utami (2015), Wani Riselia Sirait (2015), dan Ihya Fakhrurizal Amin (2016); serta Muammar Emir Ananta (2015) pada cabang Esai Ilmiah.

medmotion 3

Medsmotion adalah suatu ajang kegiatan ilmiah yang diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran se-Indonesia. Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kastrat de Geneeskunde Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Pada tahun 2018, tema yang diangkat adalah “Current Update on Obstetry and Ginecology Issues to Improve Interprofessional Collaboration in Indonesia” dengan melombakan lima cabang yaitu Esai Ilmiah, Literature Review, Poster Ilmiah, Poster Publik, dan Video Edukasi

Tahap awal penyisihan kompetisi tersebut dilakukan dengan mengirimkan karya melalui surat elektronik kepada panitia penyelenggara. Karya kemudian dinilai dan diambil sepuluh karya terbaik dengan nilai tertinggi untuk dipresentasikan.

Dari karya yang dikirimkan tersebut, FKUI berhasil meloloskan tiga tim pada cabang Poster Ilmiah, empat tim pada Literature Review, dan 2 individu pada Esai Ilmiah. Kemudian, dipilih tiga karya dengan akumulasi nilai karya dan nilai presentasi tertinggi.

medmotion 4

Prestasi yang diraih diharapkan dapat menjadi motivasi bagi sivitas akademika FKUI lainnya untuk mencetak prestasi dan mengharumkan nama FKUI.

“Bagi teman-teman yang sedang dalam persiapan mengikuti lomba, jangan takut untuk mencoba. Kita sebenarnya sudah banyak sekali difasilitasi untuk membuat karya ilmiah melalui tugas-tugas yang ada. Tinggal kita kembangkan tugas-tugas tersebut menjadi sebuah karya ilmiah dengan berpikir kritis terhadap permasalahan dan fakta kedokteran yang ada,” ujar Muhammad Habiburrahman kepada Humas FKUI. “Selain itu, jika menjadi finalis, akan tersedia kesempatan untuk memaparkan hasil karya kita dan melatih kemampuan kita berbicara di depan orang banyak,” lanjutnya.

(Humas FKUI)