FKUI Gelar Penyuluhan Kesehatan Edukasi ASI

20150821_011333 copy copy

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menggelar penyuluhan kesehatan tentang pentingnya Air Susu Ibu (ASI) yang ditujukan untuk para sivitas akademika FKUI. Penyuluhan berlangsung pada Jumat (21/8) lalu di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan, Kampus Universitas Indonesia, Depok. Hadir sebagai narasumber penyuluhan yaitu Ketua Ranting Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) cabang Depok, dr. Amelia Mathira, Sp.An.

Kegiatan penyuluhan digelar sebagai upaya FKUI untuk memberikan pengetahuan kepada sivitas akademika FKUI, khususnya para wanita, tentang pentingnya menyusui bayi dan strategi-strategi untuk tetap dapat menyusui diwaktu bekerja. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan diteruskan sampai 2 tahun kepada bayi akan sangat bermanfaat bagi imunitas dan kesehatan bayi dalam masa-masa awal kehidupannya. Itu sebabnya, upaya dan pengetahuan bagi seorang ibu mengenai pemberian ASI kepada bayi mereka sangatlah penting.

Selain penjelasan tentang pentingnya ASI bagi bayi, dalam presentasinya dr. Amelia juga menjelaskan pula tentang cara memompa ASI di tempat kerja agar dapat disimpan dan diberikan kepada bayi walaupun sang Ibu tersebut sedang dalam kondisi bekerja. “Bayi kita selalu membutuhkan ASI, apalagi dengan kandungan ASI yang sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan si bayi,” demikian jelas dr. Amelia kepada para peserta penyuluhan. (Kontributor Humas FKUI: Ni Gusti Made Anggreni Nur HadiMahasiswa FKUI Angkatan 2012/Die/Mel)