Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), Dosen Berprestasi Universitas Indonesia 2015

Untitled-1 copy

Sivitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia patut berbangga hati setelah salah satu staf pengajarnya, Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K) berhasil meraih peringkat pertama dalam ajang “Pemilihan Dosen Berprestasi Tingkat Universitas Indonesia tahun 2015”. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K) atau yang akrab disapa dr. Iko berhasil mengungguli kandidat-kandidat lainya yang merupakan perwakilan dari seluruh fakultas yang berada di Universitas Indonesia.

Dr. Iko saat ini menjabat sebagai Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat di FKUI. Sebelumnya, Ia pernah menjabat sebagai Koordinator Penelitian dan Pengembangan di Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI-RSCM. Ketertarikannya pada dunia penelitian telah berhasil membawa dr. Iko meraih berbagai penghargaan baik nasional mau pun internasional. Telah banyak penelitian dr. Iko yang diterbitkan di berbagai jurnal publikasi riset pada skala nasional dan internasional. Berkat semangat dan kontribusi positifnya dalam bidang penelitian tersebut, dr. Iko pernah meraih penghargaan Young Gynecologist Award dari Asia & Oceania Federation of Obstetric and Gynaecology (AOFOG) pada tahun 2007.

Rangkaian tahapan penilaian Dosen Berprestasi UI tahun 2015 dimulai sejak Maret hingga Mei 2015. Adapun tim juri terdiri dari Prof. Dr. drg. Hanna H. Bachtiar, SpRKG(K) (Kepala Badan Penjaminan Mutu Akademik UI), Prof. Dr. Yahdiana Harahap, MS (Guru Besar Fakultas Farmasi UI), dan Prof. Yandi Andri Yatmo, ST, M. Arch., PhD (Guru Besar Fakultas Teknik UI).

Dosen berprestasi UI, dipilih berdasarkan acuan yang sudah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia meliputi komponen karya prestasi unggul dan Tridharma Perguruan Tinggi. Karya prestasi unggul dinilai berdasarkan inovasi ide penelitian, kemungkinan pengembangan kemitraan, serta manfaatnya bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat. Sedangkan Tridharma Perguruan Tinggi dinilai dari karya yang telah dihasilkan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (2012-2015).

Secara umum, ajang pemilihan Dosen Berprestasi UI adalah bentuk apresiasi dan pengakuan secara nyata dari UI bagi staf pengajarnya yang telah mengamalkan Tridharma Perguruan Tinggi. Dosen berprestasi terpilih diharapkan dapat memotivasi sivitas akademika lainnya untuk meningkatkan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, menciptakan lingkungan akademis, dan menumbuhkan kebanggaan di kalangan dosen terhadap profesinya.

Dengan kemenangannya ini, dr. Iko akan mewakili UI dalam seleksi pemilihan dosen berprestasi tingkat nasional tahun 2015. Tentunya menjadi harapan segenap sivitas akademika Universitas Indonesia agar dr. Iko dapat mempersembahkan prestasi terbaiknya di tingkat nasional.

Selamat berjuang, Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K)!  (Mel/Die)