Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dilantik sebagai Dekan FKUI

Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, melantik Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia periode 2017-2021. Upacara pelantikan dilaksanakan pada Rabu (21/12/2017), bertempat di Balai Kirti, Gedung Rektorat UI Depok.

Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, terpilih menjadi Dekan FKUI setelah melalui serangkaian tahapan proses seleksi yang berlangsung selama periode Agustus-Oktober 2017. Proses seleksi dimulai dari verifikasi dokumen calon dekan, uji publik, uji MMPI, wawancara, hingga proses asesmen yang dilakukan oleh Pimpinan UI.

Dalam pidato sambutannya, Rektor UI menyampaikan harapan kepada para dekan yang baru dilantik agar dapat menjalankan tugas serta amanh dengan penuh tanggung jawab.

“Selamat kepada para Dekan terpilih. Saya berharap para Dekan yang baru saja dilantik dapat membantu UI dalam upaya meningkatkan akreditasi baik dari lembaga akreditasi nasional maupun internasional, mampu memperkuat kolaborasi serta meningkatkan kemitraan dalam bidang pendidikan dan riset,” ujarnya.

Selain melantik Dekan FKUI, pada kesempatan yang sama Rektor UI juga melantik Dekan dari 8 fakultas yang ada di lingkungan UI. Kedelapan Dekan tersebut adalah Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph. D. sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis;  Dr. Adrianus L. G. Waworuntu, S.S., M.A., sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya; Dr. Tjut Rifameutia, M.A., sebagai Dekan Fakultas Psikologi; dan Dr. Drs. Arie Setiabudi Soesilo, M. Sc., sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; Dr. Agustin Kusumawati, M.Sc., Ph. D. sebagai Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat; Dra. Mirna Adriani sebagai Dekan Fakultas Ilmu Komputer; Dr. Mahdi Jufri, M. Si sebagai Dekan Fakultas Farmasi, dan Prof. Melda Kamil, S.H., LL.M., Ph.D. sebagai Dekan Fakultas Hukum.

Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, lahir di Jakarta pada tanggal 19 Juni 1966. Saat ini beliau aktif sebagai staf pengajar di Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM.

Pria yang akrab disapa dengan panggilan dokter Ari ini menamatkan pendidikan dokter umumnya di FKUI pada tahun 1990 dan berhasil menyelesaikan pendidikan dokter spesialisnya pada Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam FKUI tahun 2000.

Tidak cukup sampai disitu, dokter Ari kemudian melanjutkan pendidikan dan meraih gelar Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari Kolegium PB-PAPDI serta gelar Doktor dari Program Doktor Ilmu Biomedik FKUI.

Pada tahun 1999, dokter Ari memperdalam keilmuannya dan meraih Postgraduate Diploma in Science in Molecular Biology dari University of Queensland, Australia, serta Master of Molecular Biology dari universitas yang sama. (Humas FKUI)