Kurikulum

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) adalah fakultas kedokteran tertua dan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memiliki komitmen kuat untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan kedokteran dengan menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional yang berbasis kompetensi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rencana strategis secara terarah dan sistematis memandu FKUI untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan, serta memperbaiki sistem manajemen pendidikan.

Kurikulum Fakultas yang saat ini diterapkan adalah Kurikulum Fakultas 2012 yang merupakan perbaikan dari Kurikulum Fakultas 2005. Kurikulum FKUI merupakan kurikulum pendidikan dokter modern yang menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered), berbasis masalah (problem based), terintegrasi horisontal dan vertikal (integrated), berbasis komunitas (community based), memungkinkan paparan terhadap setting klinik lebih awal (early clinical exposure), memberikan pilihan luas kepada mahasiswa untuk mendalami bidang ilmu yang diinginkan (elective), dan pelaksanaan yang sistematis (systematic).

Tujuan pendidikan dokter di FKUI adalah menghasilkan dokter layanan primer yang mawas diri dan terampil dalam pendekatan holistik, komprehensif, kolaboratif, bersinambung berbasis pencegahan dengan kemampuan pengolahan informasi serta aplikasinya dalam manajemen kesehatan dan berperan sebagai agent of change

FKUI berupaya membentuk lulusan Dokter dengan:

  1. Kemampuan untuk belajar sepanjang hayat sehingga mampu mengemas ilmu-ilmu kedokteran terkini yang berbasis bukti dalam praktik sehari- hari.

  2. Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan, baik masalah kesehatan individu, keluarga dan komunitas, menganalisis dan mengatasinya secara efektif, efisien, berbudaya dan penuh perikemanusiaan.

  3. Berperilaku profesional dalam berbagai lingkungan kerja, senantiasa mempunyai komitmen tinggi untuk melakukan tugas-tugas profesinya secara penuh tanggung jawab, mengedepankan prinsip-prinsip etika kedokteran, budaya, kolegialitas dan peka terhadap masalah kesehatan masyarakat yang beraneka ragam.


Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka tahapan pendidikan di FKUI dibagi atas:

  1. Sarjana Kedokteran FKUI
    yang dapat diselesaikan dalam waktu 7-8 semester (144 Satuan Kredit Semester).

  2. Dokter FKUI
    yang dapat ditempuh dalam waktu 4 semester (40 Satuan Kredit Semester).


Dokter lulusan FKUI diharapkan dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan yang tercakup dalam area kompetensi sebagai berikut:

A. Kompetensi Utama

  1. Profesionalitas yang luhur
  2. Mawas diri dan pengembangan diri
  3. Komunikasi efektif
  4. Pengelolaan informasi
  5. Landasan ilmiah ilmu kedokteran
  6. Keterampilan klinis
  7. Pengelolaan masalah kesehatan

B. Kompetensi Pendukung

  1. Riset
  2. Pengelolaan kegawat-daruratan kedokteran dan kesehatan
  3. Manajemen pelayanan kesehatan

C. Kompetensi Lainnya

  1. Kepribadian : kebijaksanaan dan pengetahuan, keberanian, kemanusiaan, keadilan, kendali diri, transendensi
  2. Keterampilan belajar mandiri


Mahasiswa FKUI datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari negara lain. Keragaman mahasiswa tersebut memberi tanggung jawab lebih kepada FKUI untuk dapat menyelenggarakan suatu pendidikan kedokteran yang membekali lulusan dengan pengetahuan menyeluruh tentang kedokteran dan kesehatan.